Friday, April 2, 2010

Perbezaan MADU dengan Makanan lain




Jika dibandingkan dengan makanan jenis lain seperti telor, susu, dan daging madu mempunyai beberapa keunggulan yang spesifik, yaitu:

  1. Nilai kalori yang dihasilkan pada 1 kg madu sama dengan nilai kalori 50 butir telur (-+ 3 kg) 5,7 liter susu atau 1.68 kg daging, berarti untuk junlah yang sama, madu mempunyai nilai kalori yang lebih besar.
  2. Zat-zat didalam madu 100% dapat dicerna didalam perut, shingga tidak ada residu, sedangkan telur dan daging tidak bisa 100% dicerna didalam perut sehingga terdapat residu.
  3. Penyerapan kelenjar pencernaan terhadap madu lebih mudah dan lebih cepat dari pada telur, susu dan daging.
  4. kesan samping madu sangat rendah bahkan boleh dikatakan tidak ada, sedangkan telur, susu dan daging mempunyai kesan yang lebih tinggi.


Madu mempunyai kandungan yang spesifik, didalamnya banyak terkandung berbagai macam zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia antara lain:

  1. Vitamin yang terkandung dalam madu adalah B-1, B-2, B-3, B-5, B-8, K, E, dan C.
  2. Mineral yang terkandung dalam madu adalah Na, Mg, Cu, Al, Mn, Fe, K, P dan asam pentotenat. Bahkan perbandingan mineral yang ada tersebut mendekati jumlah yang terkandung dalam darah manusia. Saaat mineral dalam darah banyak terkuras untuk proses dalam tubuh akan cepat disuplai dengan madu yang diminumnya.
  3. Protein, hormon dan antibiotic alami.

No comments:

Post a Comment